Google Kembangkan Penerjemah Bahasa 'Instan'



CALIFORNIA - Google terus berinovasi. Terkini, rakasasa pencarian itu akan meluncurkan sebuah piranti penerjemah yang mampu menerjemahkan bahwa asing apapun secara instan. Demikian diungkapkan Vice President Android, Hugo Barra, piranti saat ini masih dalam bentuk purwarupa.

Barra yang berbicara kepada The Times menjelaskan, Google siap memperkenalkan sebuah piranti keras dalam bentuk purwarupa yang mampu menenerjemahkan berbagai bahasa secara instan. Demikian dikutip dari Digital Spy, Minggu (28/7/2013).

Purwarupa sendiri terdiri atas ponsel yang menjadi sebuah sistem penerjemah yang diklaim 'mendekati sempurna' ketika diminta untuk menerjemahkan berbagai kombinasi bahasa tertentu, seperti bahasa Inggris ke Portugis.

Lebih lanjut, Barra mengklaim bahwa teknologi penerjemah ini bekerja mendekati 100 persen, dan menghilangkan noise yang pada umumnya menjadi kendala di teknologi pengenal suara.

Google sendiri telah melakukan ujicoba purwarupa ini di kondisi lingkungan yang sebenarnya, bahkan teknologi mampu mengenali suara dalam jarang yang relatif jauh. Meskipun, Google mengakui bahwa purwarupa ini masih jauh dari sempurna dan masih memerlukan pengembangan lebih lanjut.

Sementara itu, Google Chrome saat ini mampu menerjemahkan kata dan kalimat -- meskipun tidak diucapkan dengan sempurna -- melalui peramban. Selain itu, perusahaan menyediakan aplikasi Google Translate untuk memberikan layanan penerjemah yang bisa diakses di smartphone atau tablet.


Sumber: okezone

0 komentar:


Jika ingin berkomentar, kamu harus join dulu di Blog ini.

Note: Only a member of this blog may post a comment.